4 Perbedaan PMS dan Tanda-Tanda Hamil dari Payudara

Huragame – Anda baru menikah dan ingin segera punya anak? Tiap wanita tentu ingin menimang anak sendiri, dan selalu menunggu tanda kehamilan. Ketika payudara membesar, apakah itu PMS atau Anda hamil? Gejalanya hampir sama, karena banyak tanda tanda hamil dari payudara yang hampir mirip PMS, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

tanda tanda hamil dari payudara

1. Emosional

PMS atau pre-menstrual syndrome adalah sindrom sebelum menstruasi yang biasanya dialami 10 hari hingga seminggu sebelum haid. Banyak yang bilang bahwa wanita yang PMS bisa segalak singa, karena pengaruh hormon yang membuat emosi mereka naik dan turun secara drastis. Wanita yang PMS juga mudah pegal, sehingga mereka makin rewel dan emosional.

Wanita hamil juga emosional sehingga kadang Anda bingung, sebenarnya amarah ini muncul karena hamil muda atau PMS? Setelah menikah, catatlah jadwal haid Anda atau cara mudahnya, lingkari hari-hari menstruasi di kalender. Anda jadi tahu kapan terlambat haid dan tidak menduga-duga bahwa ini kemarahan PMS. Segera beli alat tes kehamilan untuk memastikannya.

2. Payudara Membesar

Tanda-tanda hamil dari payudara bisa terlihat saat ukurannya makin membesar. Bra lama jadi sesak dan Anda tidak nyaman memakainya. Ukuran bra jadi naik dan kadang Anda malu memakai baju ketat. Saat PMS, payudara juga membesar, tapi kenaikannya tidak sedrastis saat hamil Ukurlah dengan meteran agar tahu ukuran barunya.

Jika payudara tidak terlalu membesar, maka bisa jadi Anda hanya PMS. Jika payudara membesar, jangan menduga-duga bahwa Anda hamil. Kehamilan memang bisa dilihat dari ukuran payudara, tapi Anda harus memastikannya dengan testpack dan juga pemeriksaan USG di Rumah Sakit.

3. Areola Menghitam

Saat PMS, payudara membesar tapi bagian areola (puting)  warnanya tidak berubah. Jika Anda hamil muda, maka areola biasanya berwarna lebih gelap dan bisa membesar, seiring dengan ukuran payudara. Jangan malu dengan warna areola, karena bisa berubah cerah setelah melahirkan. Bersihkan bagian itu dengan sabun antiseptik yang lembut.

Jika Anda ingin warna areola jadi cerah, pakai saja lulur yang banyak dijual di supermarket. Jangan olesi dengan pencerah yang belum tentu punya nomor BPOM. Ingatlah bahwa Anda sedang hamil, jadi segala kosmetik dan zat yang masuk ke dalam tubuh, akan berpengaruh pada janin dalam kandungan.

4. Payudara jadi Makin Sensitif

Selain perasaan Anda, maka payudara juga makin sensitif dan terasa sakit saat tidak sengaja terpegang. Hal itu dialami baik ketika PMS maupun hamil. Jika payudara Anda makin sensitif, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan bahwa Anda mengandung. Hanya dokter atau bidan yang bisa memutuskan Anda telah mengandung atau hanya PMS.

PMS dan kehamilan memiliki isyarat yang serupa. Anda bisa mengetahui tanda-tanda hamil dari payudara yang lebih sensitif, lebih membulat, dan areolanya berwarna lebih gelap. Jangan gegabah dan bilang ke semua orang bahwa Anda hamil muda, hanya dengan melihat ukuran payudara. Belilah alat uji kehamilan untuk memastikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *