Kenapa Harus Pakai Sepatu Gunung Saat Mendaki Gunung?

Huragame – Mendaki gunung menjadi impian setiap orang karena dapat menantang diri sendiri, melihat ciptaan Tuhan secara langsung dan meningkatkan mental seseorang. Namun, tanpa persiapan yang matang mendaki gunung dapat menjadi ketakutan tersendiri. Terlebih bagi kamu yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya. Untuk itu, agar kegiatan mendaki gunung lebih aman, sebaiknya kamu memakai sepatu gunung yang tepat.

Sepatu menjadi salah satu perlengkapan yang harus dipersiapkan sebelum pendakian dimulai. Ya, Sepatu ini tidak hanya berfungsi melindungi kaki namun juga memudahkan kamu menempuh jalur-jalur pendakian yang cenderung berbatu.

sepatu gunung

Kenapa harus pakai sepatu gunung?

Bagi kamu yang belum memiliki pengalaman naik gunung mungkin akan bertanya-tanya perihal ini. Bisa jadi kamu berpikir bahwa tidak masalah jika mendaki gunung menggunakan sepatu biasa. Ini benar, sepatu biasa memang bisa dipakai untuk mendaki gunung. Namun ketika bicara kualitas, keamanan dan kenyamanan, maka sepatu gunung lebih disarankan. Lebih lengkapnya akan diuraikan alasan kenapa kamu disarankan memakai sepatu gunung saat mendaki gunung.

1. Melindungi kaki dari luka

Sepatu ini di desain sedemikian rupa karena memang dikhususkan untuk jalanan terjal dan medan yang keras. Bahan dari kulit yang kuat mampu menahan goresan bebatuan atau kayu dan melindungi kaki dari air maupun lumpur. Terutama perlindungan terhadap pergelangan kaki, karena rawan terpeleset hingga membuat kaki keseleo atau bahkan patah kaki.

2. Perlindungan dari tanaman

Memang, tidak semua tanaman berbahaya. Tetapi ada juga tanaman yang beracun jika terkena permukaannya saja. Terlebih jika terdapat duri di tangkainya. Ini akan menjadi kendala tersendiri ketika kaki terkena duri maupun tangkai tanaman saat berada di tengah pegunungan. Belum lagi jika tanaman tersebut menimbulkan efek gatal-gatal, melemaskan syaraf dan yang paling parah adalah sesak nafas.

3. Melindungi dari gigitan binatang

Kita tidak bisa berkeyakinan jika di tengah hutan tidak akan ada hewan buas. Meskipun tidak buas, namun seperti ular, kalajengking atau kelabang lebih baik tetap dihindari. Terutama jika binatang liar tersebut memiliki bisa yang berbahaya. Dengan perlindungan dari bahan sepatu gunung yang tebal, maka hal-hal yang tidak di inginkan bisa dihindari.

4. Kenyamanan

Dengan adanya alas atau sol yang tebal yang biasa disebut dengan grip, maka akan meminimalisir getaran yang dihasilkan dari hentakan kaki. Hentakan kaki yang terus menerus dengan udara yang dingin akan menimbulkan efek nyeri pada lutut.

Ini membuat kaki terasa berat sehingga menjadikan pendakian berlangsung lama. Oleh karena itu kamu disarankan memakai sepatu yang memang didesain untuk mendaki agar lebih nyaman selama perjalanan.

5. Menjaga kebersihan

Mendaki gunung memungkinkan kamu berkutat pada debu dan kotoran. Jika tidak memakai sepatu, tentu saja ini akan membuat kaki menjadi kotor. Belum lagi jika kotoran tersebut masuk pada celah-celah kuku yang jika dibiarkan akan menjadi sarang kuman. Namun dengan adanya sepatu ini kaki kamu lebih terlindungi dan terjaga kebersihannya.

6. Terlindung dari cuaca ekstrem

Entah itu cuaca panas atau dingin, kaki akan tetap terlindungi jika menggunakan alas yang sesuai. Cuaca panas dapat membuat kaki terbakar dan menghitam, sehingga keberadaan sepatu jenis ini sangatlah membantu meminimalisir risiko akibat cuaca ekstrem. Apa lagi cuaca dan kondisi udara di pegunungan tidak sama dengan cuaca di darat.

Demikianlah 6 alasan mengapa kamu disarankan memakai sepatu gunung ketika melakukan pendakian. Jadi, jangan abaikan poin penting ini ya! Apa lagi untuk bisa sampai ke puncak gunung kamu membutuhkan fisik dan tenaga yang kuat. Dan salah satu hal yang mendukung kemudahan proses pendakian adalah dengan memakai sepatu yang sesuai dengan karakter jalur pegunungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *